Jumat, 20 Agustus 2010

Wow, Ada Robot Ikan Dengan Wi-fi Untuk Pendeteksi Polusi Air

Published by M Yafi Zhafran on Jumat, 20 Agustus 2010  | No comments


Robot ini merupakan robot yang pertama dan masih diuji. Untuk tahap awal robot ini akan dilepaskan di wilayah laut Utara Spanyol, tepatnya di pelabuhan Gijon, Spanyol.

Jika penelitian ini sukses, robot ikan yang memakan biaya 29.000 US $ (atau sekitar 330 juta-an) dalam pembuatannya, diharapkan dapat digunakan di beberapa perairan lain seperti sungai dan danau untuk mendeteksi polusi atau keberadaan polutan yang ada di perairan tersebut.

Robot ikan ini dibuat sebisa mungkin mirip dengan ikan nyata, yang dilengkapi dengan ekspresi dan pergerakan layaknya ikan nyata. Pada ikan ini telah dilengkapi dengan sensor yang mampu mendeteksi keberadaan polutan, misalnya seperti kebocoran pipa minyak di bawah laut.

Bila robot ini mendeteksi sesuatu yang berbahaya, selanjutnya robot ini akan mengirimkan tanda dengan menggunakan teknologi Wi-Fi.

Uniknya robot ini mampu bergerak secara independen tanpa menggunakan remote yang dikontrol oleh manusia. Wah hebat ya? Dan tau ngga ukuran panjang robot ini? Robot ini memiliki panjang 1,5 meter, jadi jangan dibayangkan seperti ikan kecil. Jadi, kira2 ukuran robot ikan ini sebesar anak SMP mungkin ya?

Ditulis dalam kategori: , ,

0 comments:

Web Development by www.bangyafi.com.
back to top