Jumat, 20 Agustus 2010

Tips Membuat Kliping

Published by M Yafi Zhafran on Jumat, 20 Agustus 2010  | No comments

Berasal dari kata Clip, seni membuat kliping sebenarnya telah diajarkan sewaktu kita duduk dibangku TK atau Sekolah Dasar. Pada umumnya teknik Kliping digunakan untuk mengumpulkan beberapa berita atau artikel yang kita dapat dari media cetak seperti koran atau majalah yang kemudian kita gunting dan ditempelkan pada selembar helai kertas dengan ukuran dan format tertentu. Bagi yang mempunyai jiwa seni terkadang lembaran kliping diberi dekorasi di sekelilingnya. Sederhana bukan ?

Beberapa tips untuk menghasilkan karya kliping yang bagus, antara lain :

1. Â Tempelkan kliping pada kertas yang mempunyai ketebalan sedang. Kerta yang terlalu tipis dapat menyebabkan lembaran kliping gampang rusak. Sedangkan penggunaan kertas yg terlalu tebal dapat membuat ukuran kliping menjadi tebal dan memakan tempat penyimpanan.
2. Gunakan lem yang cepat kering dan sedikit mengandung kadar air agar tidak merusak dan menimbulkan bercak-bercak pada potongan berita/artikel yang hendak ditempelkan.
3. Berikan jarak tepi (margin) secukupnya terutama margin sebelah kiri agar kumpulan kliping tersebut dapat dijilid dengan mudah.
4. Susunlah kliping menurut tanggal terbit isinya atau bisa juga disusun berdasar kelompok kategori berita kliping.
5. Berikan sampul dan sekaligus daftar isi yang jelas agar memudahkan pengguna kliping tersebut.
6. Lebih bagus lagi jika lembaran kliping diberi catatan khusus seperti Sumber, Tanggal terbit, Klasifikasi, Keterangan halaman atau catatan keterangan yang lain.

Untuk selanjutnya, silahkan berkreasi.

http://librarycorner.org/

Ditulis dalam kategori:

0 comments:

Web Development by www.bangyafi.com.
back to top