Kamis, 08 Juli 2010

Asal Mula Celana Jean's

Published by M Yafi Zhafran on Kamis, 08 Juli 2010  | 3 comments


Pada jaman sekarang yang namanya celana jeans berkembang sangat pesat, pengelolaan bahan pun bervariasi dan hal ini memicu adanya perbedaan harga diantara produsen celana jeans. Banyak produsen celana jeans yang memiliki peminat yang loyal dengan ukuran mereka tidak mempermasalahkan soal harga yang penting koleksi baru atau pun limited edition yang dibuat secara terbatas.

Pada kesempatan ini saya mencoba menelusuri jejak asal – usul celana jeans, dan dari sekian banyak sumber, saya mencoba membuat tulisan asal – usul celana jeans, berikut petikannya :

Kisah ini bermula dari seorang pemuda dengan status sebagai imigran Jerman asal New York, pemuda ini bernama Levi Strauss yang kemudian dia pindah ke San fransisco. Tujuannya adalah untuk membuka cabang usaha milik dari kakaknya, saat itu kira – kira Tahun 1853 San Fransisco dilanda ‘Gold Rush.' Dan Strauss pun pergi dengan membawa beberapa dagangannya diantaranya celana dan kanvas ( bahan pembuat tenda ) pada saat itu.

Ketika dagangan celananya habis terjual dia pun kebingungan karena banyaknya permintaan celana, sementara yang tersisa hanya bahan kanvas untuk tenda. Kemudian dia pun mencoba membuat celana dari bahan kanvas tersebut, dan ternyata hasil karyanya mendapat sambutan yang luar biasa dari warga pekerja tambang yang ada di San Fransisco, mereka mengatakan celana itu sangat kuat dan tidak mudah robek.

Strauss pun terus berimprovisasi lagi, dia kemudian memesan bahan khusus dari Genoa, Italia. Di Italia bahan tersebut dikenal dengan sebutan ‘genes’, kemudian oleh Strauss dicelupkan dengan pewarna indigo yang kemudian terkenal disebut ‘Blue jeans’ Saat itu diantara mereka mulai muncul istilah, "those pants of Levi's", yang kemudian mencetuskan merk dagang produk ini dengan sebuah nama yaitu Levi's. Inilah merk dagang celana jeans pertama di dunia.

Ditulis dalam kategori:

3 komentar:

  1. Bagus infonya, skrng jd tau sejarah jeans.. klo celana kolor da ga sejarahnya he.. (becanda)

    BalasHapus
  2. makasih sahabat jadi tahu asal-usulnya, selama ini hanya sebatas memakai saja.

    BalasHapus
  3. Ouw jadi gitu ceritanya... makasih atas infonya...

    BalasHapus

Web Development by www.bangyafi.com.
back to top